Hidup Sehat Alami Dengan Memakan Makanan Mentah

08/27/2014 05:50

Anda mungkin sudah biasa memakan sayuran mentah. Tapi bagaimana jika anda mengganti menu makan anda sehari-hari dengan makanan mentah?

Hidup sehat alami dengan diet makanan mentah atau raw foodism merupakan sebuah gaya hidup sehat yang menganjurkan anda untuk mengkonsumsi makanan mentah alias tidak dimasak. Diet ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1897 oleh Maximilian Bircher-Benner yang merupakan seorang dokter asal Swiss.

Bircher sempat menderita sakit kuning sebelum mulai mengembangkan penelitiannya tersebut. Penyakit yang dideritanya sembuh setelah dia makan apel mentah. Dirinya juga memperhatikan kehidupan para penggembala kambing yang tinggal di pegunungan Alpen. Hidup mereka sederhana tapi sehat karena mereka sering mengkonsumsi sayuran, buah dan kacang-kacangan tanpa dimasak.

Kelompok tersebut bisa hidup sehat alami hanya dengan memakan sayuran mentah. Jika harus memasak, maka masakan mereka tidak akan dimasak dengan suhu lebih dari 40 derajat celcius. Suhu di atas 40 derajat Celcius dipercaya dapat merusak nutrisi dan enzim yang ada di dalam makanan sehingga dapat membuat makanan tidak sehat.

Hidup sehat alami dengan mengkonsumsi makanan mentah dipercaya memiliki berbagai kelebihan karena terdapat bakteri dan mikro organisme dalam makanan mentah yang sangat baik untuk pencernaan dan kekebalan tubuh. Selain itu, makanan mentah juga bersifat alami dan berbeda dengan makanan yang dimasak karena makanan tersebut mengandung zat kimia seperti penyedap rasa, pemanis dan pewarna yang tentunya tidak baik untuk tubuh.

 

Contact

Ratu Kesehatan mydewaz@gmail.com