Sindrom Nutcracker

07/31/2014 06:39
Dalam dunia kedokteran, sindrom nutcracker (NCS) - adalah varian klinis dari fenomena nutcracker, berupa kompresi mesoaortic vena ginjal kiri. Peningkatan kompresi vena ginjal kiri antara aorta abdominal lebih sering ditemukan meskipun varian lain ada. Nama ini berasal dari fakta bahwa muncul nutcracker (seolah pecahan kacang) pada vena renalis. 
Ada spektrum yang luas dari presentasi klinis dan kriteria diagnostik tidak didefinisikan dengan baik, yang sering menyebabkan diagnosis tertunda atau tidak benar. Dalam bahasa yang sederhana, sindrom ini tidak memiliki gejala yang selalu sama, akibatnya gejala awal sindrom ini sering tidak ditemukan dan disadari saat penyakit sudah terlampau berat.
 

Tanda dan gejala

Sindrom Nutcracker secara medis sering dikaitkan dengan hematuria yang dapat menyebabkan anemia dan nyeri perut.
 
Karena saluran gonad kiri yang melalui vena ginjal kiri dapat menyebabkan nyeri pada testis kiri pada pria atau nyeri dengan kuadran yang lebih rendah pada wanita. Mual dan muntah dapat menyebabkan peningkatan kompresi pada vena splanknikus. Sebuah manifestasi yang tidak biasa dari NCS meliputi pembentukan varikokel dan varises di tungkai bawah. Studi klinis lain telah menunjukkan bahwa sindrom nutcracker merupakan temuan yang sering bersamaan dengan timbulnya varikokel. 
 

Diagnosis 

Sindrom Nutcracker dapat didiagnosis dengan: 
 
1. Venography ginjal sebelah kiri (ini adalah test terbaik). 
2. Computed tomography (CT). 
3. Ultrasonografi -. Tidak definitif tetapi bisa membantu memastikan keberadaan nutcracker. 
 

Pengobatan 

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan dan gejala. Perawatan termasuk: 
1. Stenting Endovaskular. 
2. Vena re-implantasi pada ginjal. 
3. Gonad embolisasi vena.
 
Pengobatan bisa berbeda antara pasien tergantung letak dan jenis gangguannya.

Contact

Ratu Kesehatan mydewaz@gmail.com